5 Cara Mencegah Packing Barang Rusak di Perjalanan

  • Whatsapp
5-Cara-Mencegah-Packing-Barang-Rusak-di-Perjalanan
Foto dari Canva Pro

Mengirim barang lintas negara memang memiliki risiko yang cukup tinggi. Anda harus mempertimbangkan dengan baik layanan ekspedisi yang digunakan agar bisa memastikan barang yang dikirim sampai dengan selamat. Tanyakan dulu ongkir ke Amerika dan negara-negara tujuan lainnya serta diskusikan juga mengenai keamanan maupun jaminan garansi yang disediakan.

Mencegah Packing Rusak

Salah satu tantangan ketika mengirimkan barang adalah mengemas agar barang yang dikirim bisa aman sampai ke tujuan. Selain mempercayakan keamanan pengiriman barang kepada jasa ekspedisi, Anda sendiri juga bertanggung jawab memastikan barang sampai dengan selamat. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah packing rusak di perjalanan:

1. Bungkus Lebih dari Satu Lapis

Salah satu langkah pencegahan kerusakan packing barang yang bisa Anda lakukan adalah membungkus barang dengan lebih dari satu lapis kemasan. Gunakan lapisan ganda agar barang bisa terbungkus dengan rapi dan aman. Jika Anda barangnya mudah rusak, gunakan lapisan yang bisa menghindari benturan seperti bubble wrap dan stereo foam.

2. Pakai Box Kayu

Pemakaian box kayu sangat direkomendasikan untuk menghindari terjadinya kerusakan barang selama di perjalanan. Kemas box kayu serapat mungkin agar tidak mudah rusak. Jenis packing ini cocok dipakai untuk mengirim barang ke luar negeri, Amerika misalnya. Diskusikan dengan jasa ekspedisi berapa ongkir ke Amerika untuk mengirim barang memakai box kayu tersebut.

3. Pastikan Barang Tersusun Rapi

Usahakan barang yang akan dikirim tersusun secara rapi di dalam kemasan. Apalagi jika barang-barangnya dalam jumlah banyak dan dikemas memakai box karton atau kayu. Jika barang disusun asal-asalan maka bisa saja mendesak ke luar kemasan. Apalagi jika kemasan yang dipakai hanya karton atau plastik biasa. Jika barang disusun rapi maka risiko kerusakan bisa diminimalkan.

4. Gunakan Selotip yang Kuat

Saat packing barang, Anda sangat disarankan untuk memakai selotip yang kuat. Gunakan selotip yang daya rekatnya baik sehingga bisa memastikan barang dikemas dengan rapi sampai tempat tujuan. Pemakaian selotip juga sebaiknya diaplikasikan berulang kali untuk memastikan bahwa selotip memang mengunci barang atau kemasan Anda dengan baik.

5. Diskusikan dengan Jasa Ekspedisi

Jangan lupa diskusikan dengan jasa ekspedisi dan pastikan mereka bisa mengirim barang secara aman. Pastikan Anda memakai jasa ekspedisi yang terpercaya dan mampu menjaga keamanan kemasan sampai tempat tujuan. Biasanya jasa ekspedisi yang kredibel dapat memberikan jaminan dan akan menawarkan garansi.

Itulah tadi 5 cara mencegah terjadinya kerusakan kemasan barang Anda saat proses pengiriman. Ketika Anda ingin berkirim barang ke luar negeri seperti Amerika usahakan untuk bertanya banyak hal terlebih dahulu. Mulai dari ongkir ke Amerika hingga jaminan yang diberikan oleh jasa ekspedisi untuk menjaga barang terjaga rapi sampai tujuan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *