Angka Penjualan di Marketplace Segitu Saja, Coba Tips Ini!

  • Whatsapp
Angka-Penjualan-di-Marketplace-Segitu-Saja-Coba-Tips-Ini
Foto dari Canva Pro

Dewasa ini, aktivitas harian manusia menjadi lebih praktis dan efisien berkat kecanggihan teknologi. Digitalisasi memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi yang cepat dan akurat, termasuk urusan jual beli. Anda bisa menjual produk apa saja secara online di era modern tanpa keluar biaya lebih banyak. Bagi pemula yang hendak memulai usaha pun, cara buat toko online sangat mudah baik media sosial, website dan akun di marketplace terpercaya.

Cara memulai bisnis di marketplace yang aman dan menguntungkan

Marketplace menjadi ladang mengeruk penghasilan yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Asal Anda tahu cara berjualan lewat toko di marketplace, maka potensi mendapatkan keuntungan berkali lipat sangat besar. Yuk, simak cara buat toko online yang menghasilkan omzet besar di marketplace berikut!

1. Siapkan produk yang dijual

Bisnis Anda tidak akan berhasil tanpa sebuah produk yang menarik di pasar online. Jika Anda pemula yang mencari ide bisnis di era digital, kenali pangsa pasar yang sesuai dengan minat. Misalnya Anda hendak menyasar pangsa ibu-ibu, bisa memilih ide berjualan fashion atau perabotan rumah tangga. Pastikan Anda menjual produk yang sesuai dengan pangsa pasar selengkapnya.

2. Melakukan riset

Riset berkaitan dengan kebutuhan konsumen di pasaran yang harus Anda perhatikan dengan baik. Konsumen punya kebutuhan yang berbeda sehingga Anda harus memahami kebutuhan dengan menyiapkan produk yang sesuai. Jika pangsa pasar anak muda, Anda wajib menyediakan pilihan produk yang sesuai dengan tren kekinian.

Selain mengenali kebutuhan konsumen, pastikan Anda menganalisa tentang potensi persaingan. Di pasaran Indonesia yang berjumlah 270 juta penduduk, Anda pasti tahu peluang besar produk tersebut. Namun, ada banyak pesaing yang ingin meraih keuntungan yang sama. Coba catat kelebihan dan kekurangan dari produk pesaing agar Anda bisa menciptakan produk yang lebih inovatif.

3. Punya produk yang unggul

Jika sudah memiliki peta kekuatan pesaing, Anda harus menjual produk yang lebih unggul. Jika produk yang dijual sama, tidak ada salahnya menawarkan harga lebih murah sedikit. Namun, Anda yang menjual produk sama dengan kualitas lebih baik, harga yang lebih mahal dengan jaminan kepuasan pelanggan wajib Anda tawarkan.

4. Mengunggah foto terbaik dan deskripsi yang jelas

Penting untuk mengunggah foto sebenarnya terkait produk yang Anda jual dengan kualitas gambar yang bagus. Pastikan Anda mengunggah foto asli dengan jepretan terbaik sehingga kualitas foto tidak akan pecah saat diperbesar beberapa kali. Selain itu, tulis deskripsi produk dengan jelas dan padat agar konsumen lebih percaya dengan tawaran tersebut.

5. Berikan fasilitas yang sesuai kebutuhan pelanggan

Marketplace menyediakan fasilitas yang mendukung peningkatan penjualan produk Anda lewat fitur yang memuaskan pelanggan. Anda wajib mendukung pelayanan dengan memberikan fasilitas memadai mulai proses pembayaran sesuai kebutuhan baik kartu kredit, transfer, e-wallet atau COD yang diminati banyak orang, proses pengiriman barang lebih cepat dan aman, serta komunikasi terkait ulasan produk yang diterima oleh pelanggan. Pelayanan yang prima akan membuat pelanggan rela memberikan ulasan positif demi rating tinggi untuk toko online Anda.

Cara buat toko online di marketplace sangat mudah, aman dan menguntungkan sehingga Anda tidak boleh ragu untuk memulai bisnis sekarang juga. Jual produk yang dibutuhkan pelanggan dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan omzet yang besar. Tidak menutup kemungkinan produk yang Anda jual bisa menarik pelanggan dari negara lain, asal bergabung dengan marketplace yang menyediakan layanan internasional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *