Gejala Awal Virus Corona dan Langkah Penanganannya

  • Whatsapp
Gejala-Awal-Virus-Corona-dan-Langkah-Penanganannya
Foto dari Canva Photos Unlimited

Menghadapi wabah pandemi corona memang perlu perhatian yang ekstra. Karena virus yang awal kemunculannya terjadi di kota Wuhan, China ini memang sangat mudah dan cepat penyebarannya. Sehingga resiko tertular akan lebih besar terjadi, terlebih jika melihat kondisi saat ini dimana banyak kasus baru orang yang telah terkena virus ini. Gejala awal virus corona yang menyerupai gejala orang flu ini juga turut membuat orang tidak sadar telah terkena penyakit yang dikenal dengan nama COVID-19 (corona virus disease 2019) ini. Sehingga tak jarang membuat penderita memiliki kemungkinan menularkannya pada orang lain tanpa diketahui.

Penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2 diketahui bisa menimbulkan dua jenis gejala pada penderitanya, yaitu gejala ringan dan gejala berat. Untuk gejala ringan yang umumnya terjadi berupa batuk hingga demam. Jika kondisi ini yang terjadi, sebaiknya penderita segera melakukan isolasi mandiri di rumah untuk mengurangi dampak penyebarannya pada orang lain. Sehingga tidak perlu melakukan perawatan di rumah sakit. Namun bagi penderita sebaiknya perlu memahami untuk tidak keluar rumah dan menjaga jarak dengan orang lain sebisa mungkin.

Berbeda kasus jika penderita setelah mengalami gejala awal dari virus corona kemudian kondisinya menjadi bertambah parah sehingga muncul gejala yang lebih serius, maka sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu riwayat bepergian kemana saja atau aktivitas yang dilakukan sebelum terinfeksi virus corona ini. Jika Anda baru pulang dari bepergian ke suatu negara dengan wabah virus corona yang tinggi, maka sebaiknya perlu waspada

Bagi Anda yang mengalami gejala berat dan mengarah pada penyakit COVID-19, segera menuju ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) manapun yang ditunjuk. Penderita atau orang terdekat bisa menghubungi 119 dengan ekstensi 9 agar bisa mendapatkan panduan yang tepat. Dan bagi masyarakat yang belum tertular penyebaran virus corona, sebaiknya melakukan social distancing dengan tidak terlalu dekat ketika berhadapan dengan orang lain.

Memang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala penyakit COVID-19 seperti penyakit flu dan batuk. Namun jangan buru-buru panik terlebih dahulu ketika mengalami gejala tersebut. Karena menurut informasi dari berbagai sumber, sebagian besar orang yang terinfeksi COVID-19 dengan gejala ringan bisa sembuh tanpa harus melakukan perawatan medis. Anda bisa melakukan isolasi mandiri seperti yang sudah diterangkan di atas. Dan bagi Anda yang sedang berada dalam kondisi sehat, sebaiknya selalu melakukan upaya pencegahan.

Karena ternyata virus corona memiliki masa inkubasi di dalam tubuh selama 14 hari, baru kemudian bisa menunjukkan gejala pada tubuh seseorang. Sehingga meskipun belum terlihat tanda-tanda sakit, seseorang tersebut sejatinya sudah terinfeksi virus dan berpotensi menyebarkannya pada orang lain. Jika Anda tinggal bersama dengan keluarga, tentu resiko besar terkena paparan virus ini akan terjadi pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, seperti lansia, anak-anak, dan orang yang menderita penyakit kronis sebelumnya.

Belum lagi jika Anda bepergian, orang-orang yang dijumpai juga bisa berpeluang menerima paparan virus corona ini. Oleh karena itu, sebaiknya tanpa menunggu munculnya gejala awal virus corona, kita sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu. Jangan sampai tanpa sadar kita menjadi salah satu penyebar virus yang membahayakan orang-orang terdekat kita. Anggap seolah-olah kita sudah terinfeksi virus corona agar lebih sigap dalam melakukan upaya pencegahan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Selalu menggunakan masker saat bepergian.
  • Melakukan social distancing.
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau dengan handsanitizer.
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, berolahraga, dll.
  • Menjaga daya tahan tubuh, dll.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *